Monday, September 15, 2008

Korsel Garap Batu Bara Kotabaru

Senin, 15-09-2008 | 00:30:21

JAKARTA, BPOST - Perusahaan asal Korea Selatan Inni-Korea Resource Co Ltd membidik bisnis tambang batu bara di Kotabaru, Kalsel.

Salah satu perusahaan tambang terbesar di Korea Selatan ini menjalin kerjasama dengan tiga perusahaan asal Indonesia PT Tri Agape, PT Senamas Energindo Mulia, dan PT Stargen Indah Borneo untuk mengeksplorasi tambang batubara seluas kurang lebih 50 ribu hektare.

"Kami berterima kasih kepada Indonesia yang membuka kerjasama investasi untuk eksplorasi pertambangan batubara dengan kami. Dengan ketulusan hati kami berharap semoga eksplorasi ini berhasil," kata Presiden Direktur Inni-Korea Resource Co.,Ltd Chang Jin Park dalam sambutannya pada penandatanganan kerjasama di Jakarta, akhir pekan kemarin.

Dalam perjanjian kerjasama, perusahaan tersebut akan membangun infrastruktur dan mempersiapkan proses produksi dan memberikan investasi sekitar 50 juta dolar AS untuk tahap awal.

Sementara itu Presiden Direktur PT Tri Agape Jimmy E Makaenas mengatakan, sekitar 289 juta ton batu bara bisa dieksplorasi dari wilayah tersebut dengan perkiraan waktu eksplorasi sekitar 30 tahun.

Tambang Kotabaru yang akan dikembangkan telah mendapat izin untuk memulai langkah mengembangkan pertambangan dari pemerintah Indonesia untuk jangka waktu 30 tahun mulai Desember 2000. "Meski sempat terhenti, akhirnya diputuskan pertambangan itu dimulai kembali melalui kesepakatan operasi kerja sama pada September 2008 antara tiga perusahaan asal Indonesia dan satu perusahaan dari Korea," kata dia. (Persda Network/aco)