Tuesday, September 09, 2008

Batola–PT Adaro Teken MoU

Senin, 8 September 2008
MARABAHAN – Pemerintah Kabupaten Barito Kuala dan PT Adaro Indonesia, baru-baru tadi melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman (memory of understanding). Penandatanganan tersebut terkait dengan pelaksanaan Program Community Development (CD) yang menjadi kewajiban dari perusahaan pertambangan batubara tersebut di wilayah Batola.

Penandatanganan sendiri dilakukan oleh Bupati Batola H Hasanuddin Murad SH dengan Abdurrahman mewakili PT Adaro Indonesia. Penandatanganan dilangsungkan di Marabahan.

“Saya menyambut baik atas dilaksanakannya penandatangan kesepakatan ini, sebagai salah satu bentuk perhatian dan kepedulian PT Adaro Indonesia terhadap pembangunan di Batola. Salahs atunya diwujudkan melalui program CD,” kata Hasanuddin Murad.

Untuk itu, atas nama masyarakat dan Pemkab Batola, Hasanuddin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas kepedulian dan partisipasi dalam upaya percepatan pembangunan di daerah tersebut. Utamanya dalam bidang-bidang pembangunan yang menjadi prioritas pembungan yaitu, ekonomi, pendidikan, kesehatan dan sosial budaya.

“Ke depan saya berharap, kepedulian dan dukungan seperti ini dapat terus dipelihara dan lebih ditingkatkan lagi pada masa-masa mendatang, seiring dengan dinamika tuntutan kebutuhan masyarakat terhadap peningkatan pelayanan yang semakin kompleks,” ujarnya.

Ia juga berharap, penandatanganan kesepahanan bersama antara Pemkab Batola dan PT Adaro tersebut, hendaknya diiringi dengan tekad dan komitmen dari kedua pihak untuk menaati dan melaksanakan secara sadar hal-hal yang telah menjadi kesepakatan, sehingga dikemudian hari tidak akan timbul permasalahan-permasalahan yang dapat mengurangi efektivitas kesepakatan yang telah dibuat.

“Kepada pihak terkait dengan pengolaan dana CD, saya mintakan agar dapat melaksanakan dan mengoptimalkan penggunaan dana CD ini dengan sebaik-baiknya,” tandas Hasanuddin.

Program CD PT Adaro Indonesia di wilayah Batola sendiri, seperti pernah dikemukakan Abdurrahman sudah beberapa tahun dilaksanakan di daerah ini. Dana CD merupakan komitmen dan kewajiban yang harus dijalankan perusahaan tersebut. Sebagaimana diketahui, perairan Batola (Sungai Barito) merupakan jalur utama angkutan armada batubara dari perusaaan ini. Batubara tersebut dimuat di dalam tongkang dan ditarik melalui sebagian besar wilayah di daerah ini. (tri)