Saturday, August 09, 2008

Waspadai Dampak Perkembangan Sektor Batubara

30 July, 2008 07:45:00

Mata Banua- RANTAU-Bupati Tapin H Idi Nurdin Halidi mengingatkan, semua aparat Pemerintahan Kabupaten Tapin, agar mewaspadai dampak akibat adanya perkembangan aktivitas pertambangan batubara.

     Hal ini mengingat, wilayah Kabupaten Tapin memiliki potensi besar cadangan batubara, dan kedepan daerah ini merupakan sentra pertambangan batubara, disamping akan menjadi alternatif satu-satunya jalur angkutan batubara di banua enam.

     Berdasarkan kebijakan Pemvrop Kalimantan Selatan, pada Juli 2009 tidak diperbolehkan menggunakan jalan negara, dan truk angkut batubara harus melalui jalan khusus batubara.

     Sementara ini jalan angkutan batubara sedang dibangun oleh beberapa investor, diprediksikan jalan tersebut akan selesai tahun depan.

     Selain jalan khusus angkutan batubara, para investor juga membangun beberapa stockpile dan pelabuhan, khusus diwilayah Sungai Putting Kecamatan Candi Laras Utara Kabupaten Tapin

     Atas dasar ini, Bupati Tapin mengingatkan, para aparatur Pemerintah yang bertugas di lapangan, akan selalu waspada pada padatnya arus lalulintas menuju kota Banjarmasin, disamping aparat Pemkab juga  diharapkan selalu melakukan pemantauan dan tinjauan kelapangan.

     Menurut Bupati Tapin, selain sektor batubara, di Kabupaten Tapin  akan tumbuh dan berkembang beberapa perusahaan besar perkebunan Kelapa Sawit. Dimana saat ini, sudah mulai melakukan penanaman kelapa sawit di lahan rawa.rul/mb03