Sunday, August 24, 2008

PT Pama Cari Simpatik

22 August, 2008 09:12:00

MARTAPURA - Banyak perusahaan tambang yang mencoba mencari simpatik masyarakat. Itu juga dilakukan PT Pama, perusahaan tambang yang beraktivitas di Kabupaten Banjar.

Dikemukakan Haris Patriawan, Head HRGA PT Pama, pihaknya selain melakukan mengeksploitasi batu bara juga melakukan berbagai kegiatan yang pada intinya untuk melakukan peningkatan SDM masyarakat sekitar tambang khususnya.

Menurut Haris untuk bidang pendidikan baru-baru tadi melaksanakan kegiatan yang diberi nama Pama Goes To School, dengan tujuan merangsang murid sekolah dasar bersemangat dalam belajar.

"Kegiatan Pama Goes To School ini merupakan salah program CD (Community Development) internal PT Pama untuk sekolah dasar sekitar tambang," ucap Haris.

Murid SD yang dapat bantuan ada pada 6 sekolah, di Sungai Pinang, Rantau Nangka, Rantau Bakula, Pakutik, Belimbing Baru dan Belimbing Lama.

"Tiap murid kita beri masing-masing buku pelajaran, baju olahraga, baju seragam dan lainnya. Ini untuk merangsang mereka bersemangat belajar di sekolah," cetusnya.

Tetapi, tambah Haris, pemberian tersebut tidak terbatas pada enam sekolah yang terdapat di enam desa, namun juga akan diberikan kepada sekolah sekolah dasar yang ada di desa yang dilewati Jalan tambang PT Pama.

Program untuk pendidikan yang di salurkan oleh PT Pama ungkap Haris juga sampai pada pemberian beasiswa untuk para murid berprestasi yang langsung akan dijadikan sebagai anak asuh PT Pama, sehingga murid tersebut akan di ongkosi sekolahnya sampai tingkat tinggi (Universitas).

" Kami juga berusaha meningkatkan kompetensi guru guru sekolah yang ada di sekitar tambang khususnya dan Kabupaten Banjar pada umumnya melalui pelatihan pelatihan maupun seminar seminar pendidikan. Jadi paling tidak selain muridnya bersemangat belajar gurunya juga mempunyai tingkat SDM yang mumpuni," pungkas Haris.ina/elo