Wednesday, July 16, 2008

Mulai Besok Saham Adaro Ditawarkan

Senin, 07-07-2008 | 00:50:45

JAKARTA, BPOST -  PT Adaro Enegry akan melakukan penawaran umum perdana sahamnya mulai Selasa (8/7) sampai Kamis (10/7). Pelaksanaan penawaran umum perdana ini dapat dilakukan setelah Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan mengeluarkan pernyataan efektif initial public offering (IPO) Adaro, Jumat (4/7). Sedangkan listing di bursa djadwalkan 16 Juli mendatang.

“Kami sudah menerima pernyataan efektif dari Bapepam hari Jumat malam. Penawaran umum akan kami lakukan hari Selasa sampai Kamis,” kata Vice President PT Danatama Makmur Vicky Ganda Saputra, Minggu (6/7). Danatama Makmur adalah penjamin pelaksana emisi (lead underwriter) IPO Adaro.

Menurut Vicky, IPO Adaro akhirnya mendapatkan pernyataan efektif setelah pihaknya melengkapi semua informasi yang dinilai Bapepam-LK masih kurang. Informasi itu yang belum dicantumkan dalam Prospektus IPO Adaro yang dipublikasikan ke masyarakat, akhir Mei lalu. Informasi itu antara lain mengenai risiko investasi terkait dengan persoalan hukum yang dihadapi Adaro.

Saat ditemui wartawan, akhir pekan kemarin,, Ketua Bapepam-LK Fuad Rahmany telah memberikan sinyal bahwa pihaknya akan mengeluarkan pernyataan efektif IPO Adaro dalam waktu dekat. “Pernyataan efektif Adaro secepatnya. Mungkin kurang dari satu minggu. Dokumen-dokumen mereka hampir lengkap,” katanya.

Rencananya, Adaro akan mencatatkan sebanyak 11, 139 miliar saham di harga Rp 1.100 per saham, dengan target perolehan dana sebesar Rp 12,252 triliun.

Pencatatan saham (listing) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Adaro bersamaan dengan PT Hotel Mandarine Regency pada 16 Juli mendatang. “Sebelumnya sudah pernah kok ada dua emiten listing-nya berbarengan di hari yang sama. Tidak akan berpengaruh. Listing 5 emiten sekaligus juga bisa kok, nggak apa-apa,” ujar Direktur Pencatatan BEI, Eddy Sugito.

Namun Eddy menyatakan harus memastikan lagi jadwal listing dua emiten tersebut, sebab keduanya baru memperoleh pernyataan efektif Bapepam. “Oya, saya kurang tahu kalau ternyata jadwal listing kami bersamaan dengan Mandarine,” ujar Vicky ketika ditanya soal jadwal listing yang bersamaan dengan Hotel Mandarine. (kcm/dt)