Wednesday, June 18, 2008

Lulus Menyetir Alat Berat

 
Jumat, 11-04-2008 | 00:40:10

TANJUNG, BPOST - Dalam operasional pertambangan lazim ditemui berbagai jenis alat berat mulai eskavator, trailer sampai truk ekstra besar berkapasitas puluhan sampai ratusan ton.

Untuk mengoperasikannya perlu tenaga terampil dan terlatih. Untuk memenuhi kebutuhan tenaga terampil tersebut, PT Pama Persada Nusantara, salah satu job site PT Adaro Indonesia membuat program pelatihan bagi sejumlah pemuda pilihan di daerah operasional meliputi Kabupaten Tabalong, Balangan dan Barito Timur.

Kemarin, sebanyak 33 pemuda terpilih--dari 800 pelamar, yang lolos seleksi telah selesai menjalani pelatihan operator alat berat di Pusat Pelatihan HD Pama di Cileungsi Bogor selama enam bulan. Mereka akan menjalani magang selama tiga pekan dan dikontrak kerja setahun.

Project Manager PT Pama, Agus Dwi Widiyanto mengatakan program pelatihan telah dua kali dilaksanakan. Tujuannya, selain memenuhi kebutuhan internal Pama terhadap tenaga terlatih juga meningkatkan daya saing pemuda lokal di bursa kerja.

"Kami masih memerlukan tenaga terampil. Apalagi ada penambahan kapasitas produksi," kata Agus saat menyambut operator magang di Training Center PT Pama KM64, Tanjung. (nda)