Tuesday, January 15, 2008

Dinas Pertambangan Belum Efektif

Sabtu, 05-01-2008 | 00:30:57

Cuma Punya 13 Staf
TANJUNG, BPOST
- Meski sudah resmi dibentuk bahkan ditunjuk pejabat pemimpin organisasinya saat perombakan pejabat di Halaman Pendopo Bersinar Senin (24/12), sampai kemarin Dinas Pertambangan Kabupaten Tabalong belum resmi beraktivitas.

Jangankan urusan administrasi kantor, dinas paling anyar di lingkungan Pemkab Tabalong itu pun belum memiliki kantor tetap.

Rencananya untuk sementara aktivitas dinas dipusatkan di eks rumah dinas (rumdin) wakil bupati (wabub) Tabalong di Jalan Pangeran Antasari.

Saat ini staf dinas yang berjumlah 13 orang sedang berbenah, karena kondisi kantor masih kosong melompong. Di gedung yang sebelumnya sempat jadi kantor PDAM Tanjung itu hanya tampak sejumlah meja dan kursi staf yang belum tersusun rapi, tanpa lemari atau perlengkapan kantor lainnya.

"Ya kita belum ada kegiatan. Rencananya satu bulan ini kita isi dengan menyiapkan tempat dulu. Lalu kita pelajari tupoksi dinas sesuai yang digariskan," kata Kepala Dinas Pertambangan, Kiswanul Arifin, Rabu (2/1).

Mantan Direktur PDAM Tanjung itu menambahkan setelah urusan administratif dan pengaturan kantor selesai, pihaknya segera fokus melaksanakan ketentuan tugas pokoknya.

Di antaranya meneruskan sebagian tugas dan kewenangan biro ekonomi yang kini sudah dilebur dengan bagian keuangan, yakni mendata perusahaan tambang yang beroperasi, kontribusinya serta aset yang dimiliki daerah.

"Saya dulu Kabag Ekonomi empat tahun menangani pertambangan, jadi sudah ada gambaran. Kita akan melakukan pemetaan ulang wilayah dan pengusahaan pertambangan. Penting juga pengawasannya baik tambang umum maupun tambang rakyat," katanya.

Menurut Kiswanul selama ini potensi pertambangan masih belum optimal digarap, terutama tambang rakyat yang tidak jelas kontribusinya ke daerah. Ke depan ia juga berencana mencari peluang yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan PAD dari sektor pertambangan.

Namun ia berjanji akan memperhatikan tata ruang daerah untuk pemberian izin penambangan agar tidak berbenturan dengan proyek pembangunan ekonomi di sektor terbarukan seperti perkebunan dan pertanian yang juga jadi andalan Tabalong.

Sebelumnya Bupati Tabalong, H Rachman Ramsyi, mengatakan, salah satu tugas Dinas Pertambangan melayani calon investor dan mempromosikan potensi mineral Tabalong. nda