Thursday, December 06, 2007

Minta Dukungan Adaro

Sabtu, 24-11-2007 | 02:13:07

  • Bantu Pendidikan di Tabalong

TANJUNG, BPOST - Bupati Tabalong, H Rachman Ramsyi mengajak PT Adaro Indonesia sebagai perusahaan tambang besar agar membantu pemerintah daerah meningkatkan bidang pendidikan. Hal itu sebagai upaya mewujudkan Tabalong sebagai kota pendidikan.

Di sela-sela pelepasan delegasi guru Kabupaten Tabalong, Balangan dan Barito Timur yang dikirim mengikuti konvensi guru di Jakarta, Jumat (23/11) ia mengatakan, beberapa tahun terakhir perkembangan sektor pendidikan cukup pesat.

Kini di Tabalong tidak cuma ada pelajar lokal tapi juga dari luar daerah. Selain sejumlah sekolah formal yang menyandang status unggulan atau sekolah internasional, juga ada tiga pondok pesantren yang dikelola ulama lokal yang maju pesat.

"Selama ini Tabalong ditetapkan sebagai pusat agrobisnis dan perdagangan, ke depan akan kita padukan dengan tambahan visi sebagai kota pendidikan. Tapi perlu bantuan pihak ketiga, terutama perusahaan swasta seperti PT Adaro," ujarnya saat pertemuan di ruangan Bupati Tabalong.

Hadir pada kesempatan itu External Relations Head PT Adaro Indonesia, Y Andriyansyah dan sejumlah stafnya serta 15 guru dan kepala sekolah pilihan yang jadi delegasi dengan ketua rombongan, Kepala SMP Plus Murung Pudak, Syamsuri Bahri.

Program pengiriman delegasi tersebut hasil kerja sama PT Adaro Indonesia melalui LP3-Adaro Pama. Mereka akan ikut konvensi 27-28 November di Jakarta.

Rahman mengatakan model kota pendidikan yang dicita-citakan adalah yang agamis dan partisipatif yang mengunggulkan kebersamaan berkesinambungan. Peran swasta sangat diperlukan karena sektor pendidikan masih kekurangan dana. nda