Monday, December 31, 2007

6 Fraksi Desak Penutupan Stockpile

Jumat, 23 November 2007
Radar Banjarmasin


BANJARMASIN,- Desakan penutupan stockpile batubara bertambah gencar. Kali ini, 6 fraksi di DPRD Kota Banjarmasin menyatakan sikap mendukung wacana penutupan areal penumpukan batubara tersebut.

Keenam fraksi itu adalah Fraksi PBB, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi PKB, Fraksi PPP, Fraksi PKS, dan Fraksi PDI-P. Menurut mereka, keberadaan stockpile yang berada tak jauh dari pemukiman warga khususnya di kawasan Pelambuan, Banjarmasin Barat, itu sudah tak layak lagi dipertahankan. Pasalnya, tidak ramah lingkungan dan kontribusinya pun tak sebanding dengan dampak buruk kesehatan bagi masyarakat sekitar.

“Pokoknya, tutup dulu saja. Sebab, secara kasat mata jelas aktivitas angkutan batubara dan keberadaan stockpile itu merugikan masyarakat setempat. Meski demikian, instansi terkait tetap harus melakukan kajian yang obyektif tentang imbas dari bisnis batubara tersebut,” cetus Sekretaris F PKB, Zainal Akli SH MH, bersama 5 perwakilan fraksi lainnya kepada wartawan, kemarin.

Senada dengan Zainal, Aklianie R Kab mengungkapkan, kontribusi bisnis “amas hirang” itu kepada daerah melalui sumbangan pihak ketiga bisa dikatakan tidak sebanding dengan dampaknya. Sekretaris F PBB ini mengistilahkannya dengan “terlalu banyak mudharat daripada manfaatnya”. Sehingga, tidak ada alasan lagi untuk mempertahankannya.

Begitu pula dengan F PDI-P dan F PPP. Menurut Aman Fachriansyah dan Aidan yang mewakili kedua fraksi terseut, pihaknya dari dulu memang tidak sepakat dengan keberadaan stockpile yang mengganggu kenyamanan masyarakat itu.

Meski demikian, Ketua Fraksi PKS A Jazuli berharap ada solusi alternatif pemindahan stockpile itu yang representatif dan sesuai aturan. “Kita juga sepakat dengan wacana penutupan stockpile itu. Namun, tetap harus dicarikan solusinya agar salah satu sumber daya pendapatan daerah ini tidak hilang begitu saja,” tandasnya.(dla)