Tuesday, May 15, 2007

Supian AH Menjabat Plt Kadistam Ditanya Track Record-nya, Bupati Cuma Tersenyum

Selasa, 15 Mei 2007


Radar Banjarmasin
MARTAPURA ,- Teka-teki siapa yang menduduki jabatan tertinggi di lingkungan Dinas Pertambangan dan Energi Banjar terjawab sudah. Terhitung mulai kemarin, Senin (14/5), Supiah AH ditunjuk menjadi Plt Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Banjar.

Dengan demikian, spekulasi yang banyak menjagokan pejabat lain di luar instansi basah itu mentah sudah.

Namun demikian, Bupati Banjar Khairul Shaleh usai memanggil Supiah AH dan ketiga Kasubdin di Dinas Pertambangan dan Energi Banjar menegaskan, siapa yang bakal menduduki jabatan kepala dinas secara definitif sejauh ini belum ada.

“Yang namanya instansi pemerintahan itu kan tidak pernah ada yang berstatus quo. Untuk itulah agar mekanisme kelembagaan tetap berjalan dengan baik, diperlukan seorang pejabat. Walau pun sifatnya sementara sambil menunggu pejabat devinitif dilantik,” ujarnya.

Sayangnya, Khairul tidak bersedia menyebutkan, apakah Supian AH bakal didevinitifkan atau ada figur pejabat lain yang akan mengisi kursi tersebut. Sebaliknya, Khairul justru menekankan, segala kemungkinan masih sangat terbuka.

“Pastinya, saat ini kami akan melihat kinerja para pejabat di instansi itu dulu,” ujarnya.

Di balik itu semua, Khairul menegaskan untuk jabatan yang satu itu dia lebih mempercayakan kepada sumber daya manusia yang ada, ketimbang harus menarik pejabat dari luar Pemkab Banjar.

“Boleh dicatat, siapa pun pejabatnya, saya pastikan itu berasal dari lingkungan dalam Pemkab Banjar. Sejauh ini tidak ada niat untuk mengambil pejabat dari luar Pemkab Banjar,” ujarnya.

Disinggung mengenai track record Supiah AH selama ini, Bupati hanya tersenyum dan tidak ingin berkomentar. ”Soal itu, mungkin buhan ikam tahu aja lah? Lagipula saya juga banyak menerima masukan-masukan. Pokoknya kita lihat dulu kinerjanya,” kata Khairul diplomatis.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kadistam Banjar Ir Ali Muzanie sudah menjadi bagian dari pejabat Pemprov Kalsel, namun sampai saat ini figur penggantinya masih belum ditentukan.

Sekda Banjar Yusni Anani ketika dikonfirmasi sempat tersenyum ketika mendengar nama-nama tersebut disebutkan. “Belum…belum ada. Tetapi yang jelas dalam waktu dekat ini akan ada pejabat yang mengisi kekosongan tersebut. Untuk tahap ini munkin sifatnya Plt dulu. Kami akan lihat Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK)-nya dulu. Siapa saja yang memenuhi syarat untuk ditempatkan di sana, nanti akan terlihat di SOTK,” ujarnya, kemarin.

Dari SOTK itu, jelas dia, akan terlihat figur-figur yang dinilai mampu untuk memanajemen instansi teknis tersebut. Untuk itu Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) dipastikan tidak akan pilih-pilih berdasarkan senioritas.

Lebih jauh, Khairul membenarkan apa yang dikatakan Sekda Banjar Yusni Anani akhir pekan tadi.

”Semua itu benar. Pak Supiah AH merupakan pejabat yang paling senior di sana. Tetapi nantinya, kalau ada pejabat yang dinilai mampu walaupun terbilang junior, akan kami pertimbangkan,” katanya. (yan)