Friday, March 30, 2007

Meratus Kaya Sumber Gas

Senin, 26 Maret 2007 01:05

* Terbentang di cekungan Barito

Banjarbaru, BPost
Bumi Antasari benar-benar kaya potensi sumber daya alam. Selain batu bara, emas dan intan, di perut bumi Kalsel diperkirakan tersimpan tak kurang dari 101 triliun kaki kubik gas. Potensi itu terletak di cekungan Barito yang membentang di sebelah Barat Pegunungan Meratus.

Potensi tersebut berupa coal bad metane (CBM). CBM biasanya gas metan ini terbentuk dalam lapisan batu bara.

Plt Kadis Pertambangan dan Energi Kalsel (Distamben) Heryozani Dharma melalui Kepala Seksi Hydro Geologi dan Geologi Tata Lingkungan memaparkan, Kalsel termasuk daerah yang memiliki potensi terbanyak ketiga di Indonesia.

"Diperkirakan potensi CBM di cekungan Barito itu sekitar 101 triliun kaki kubik gas. Cukup banyak memang, tapi belum semuanya berproduksi," kata Bambang.

Di Kalsel terdapat dua cekungan atau tempat terdapatnya potensi sumber daya migas yakni Cekungan Asam Asam dan Cekungan Barito.

Cekungan Barito tersebut membentang sepanjang sebelah Barat Pegunungan Meratus. Tepatnya dari Banjarmasin ke arah Utara hingga ke sebagian Kalteng. Sebaliknya, cekungan Asam Asam adalah daerah di sebelah Timur Pegunungan Meratus.

Saat ini SDA gas di Kalsel yang sudah dikeruk hanya di Tanjung Kabupaten Tabalong saja. Setidaknya sampai 2003 sudah 19,532 juta meter kubik migas yang dihasilkan. Sementara cadangan yang dapat diproduksi 27 juta meter kubik. niz

Copyright © 2003 Banjarmasin Post