Saturday, October 14, 2006

Batubara Yang Kerap Jadi Incaran

Minggu, 08 Oktober 2006 00:04

PEREKONOMIAN masyarakat Kalimantan memiliki karakteristik tersendiri yang perlu dianalisis secara khas pula. Salah satunya adalah penambangan batubara di Kalsel yang saat ini sudah pasti tak asing lagi.

Tak dapat dipungkiri, ekonomi masyarakat pun sebagian besar bertumpu pada sektor pertambangan. Hal ini ditandai dengan banyaknya penambangan batubara, baik yang resmi yang dikelola pemerintah. Kemudian ada penambangan swasta dan ilegal.

Maraknya penambangan batubara ilegal mempertegas batubara Kalimantan pada umumnya merupakan satu income terbesar bagi ma- syarakat setempat. Karena itulah batubara ini menjadi incaran bangsa Belanda sejak lama, ketika datang ke Kalsel abad XVII hingga XIX M.

Ini telah diuraikan J Thomas Linbland dalam buku Between Dayak And Dutch The Economic Hostory of Southeast Kalimantan 1880-1942. Kemudian dari penelitian Balai Arkeologi Banjarmasin pada bekas-bekas penambangan batubara di Pengaron, Kabupaten Banjar dan Seblimbingan-Kotabaru, menunjukkan adanya penggalian tambang oleh negeri kincir angin itu. ncu

Copyright © 2003 Banjarmasin Post